Skip to main content
MENU

5 Website Penting Bagi Guru IPA (PNS dan Non-PNS Update 2020)

Bapak - Ibu Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengtahuan Alam (IPA) khususnya yang senantiasa kami hormati dan taati, berikut ini adalah daftar beberapa website penting yang minimal harus Anda ketahui sebagai pusat informasi dan database administrasi di lembaga pendidikan yang Bapak - Ibu Guru tempati untuk mengabdi.

Ini juga berlaku bagi Operator Sekolah maupun Operator Madrasah dalam membantu mengelola informasi penting terkait Sekolah maupun Madrasah masing - masing.


1. DAPODIKDASMEN | dapo.dikdasmen.go.id

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN), merupakan situs aplikasi yang  dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sesuai dengan Instruksi Menteri no.2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan.

Fungsi dari website ini adalah untuk menjaring data pokok pendidikan (Satuan Pendidikan, Peserta Didik serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan yaitu BOS, Bansos, Tunjangan, UN, dan lain-lain.

Website DAPODIK mengelola data pokok pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB. Aplikasi online yang digunakan sampai detik ini adalah database Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e.

Pengembangan website DAPODIK juga telah merilis website DAPODIK PAUD dan DIKMAS sebagai portal resmi pengolahan Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Anda dapat mengakses website DAPODIK PAUD dan DIKMAS melalui alamat dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.

Ilustrasi Tampilan Website Kemenag - 5 Website Penting Bagi Guru IPA (PNS dan Non-PNS Update 2020)
Ilustrasi Tampilan Website Kemenag - 5 Website Penting Bagi Guru IPA (PNS dan Non-PNS Update 2020)



2. SIMPATIKA | simpatika.kemenag.go.id

SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag) merupakan website sistem transaksi online program Pengelolaan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di lingkungan Kementrian Agama.

Layanan online ini terselenggara sebagai hasil kerjasama antara DIRJENPENDIS KEMENAG (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama) Republik Indonesia dengan Telkom Indonesia.

Dengan disediakannya website resmi simpatika ini, Anda yang sebagai Guru dapat melihat biodata yang Anda miliki seperti nomor NUPTK, tahun masuk mengajar, satminkal, dan lain - lain. Tentunya sangat memudahkan Bapak - Ibu Guru juga dalam mencari informasi sesama Guru, sebab informasinya bersifat Publik yang dapat diakses dan diketahui oleh siapa pun.

Jika Anda sebagai Guru (termasuk mapel IPA), maka Anda pun juga dapat menggali informasi terkait yang tersedia di halaman utama, yang disajikan Admin dalam bentuk tautan (link) menuju dokumen yang biasanya berbentuk PDF.



3. KEMDIKBUD | kemdikbud.go.id

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) merupakan sebuah website milik pemerintah yang menyediakan layanan informasi publik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dikemas dalam tampilan halaman utama sederhana dengan navigasi menu yang ramah untuk diakses pengunjung.

Anda dapat menelusuri navigasi yang tersedia terkait pendidikan mulai dari layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Elektronik (e-PPID), Informasi terkait Siswa, Guru, Orang Tua, Sekolah, Budaya dan Bahasa, Masyarakat dan Mitra, dan Pemerintah Daerah.



4. UNBK KEMDIKBUD | unbk.kemdikbud.go.id

Website UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dihadirkan dalam rangka untuk memudahkan baik Pemerintah pusat penilaian pendidikan, Guru, Siswa, maupun Masyarakat (termasuk orang tua) dapat memperoleh informasi tentang perkembangan UNBK yang dapat diakses dengan mudah melalui jaringan internet (elektronik).

Website UNBK dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang di dalamnya memberikan informasi detail tentang apa UNBK, termasuk pengetahuan dan syarat - syarat yang harus dipenuhi oleh pihak Sekolahan maupun Madrasah mulai dari jenjang SMP/MTs sampai SMA/MA/SMK serta data statistik Sekolahan Se-Indonesia.

Anda sebagai pembaca, khususnya siswa - siswi yang akan melaksanakan rangkaian UNBK dapat mengakses Jadwal UNBK Jenjang SMP/MTs SMA/MA/SMK Tahun 2020 lengkap berdasarkan hari/ tanggal, sesi dan jam serta mata pelajarannya. Silakan kunjungi alamat websitenya dan pilih menu Jadwal.



5. KEMENAG | kemenag.go.id

Website Kementrian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI) hadir dengan tampilan baru yang responsive (dapat diakses menggunakan perangkat mobile phone) yang memberikan kaya informasi terkait Kementrian Agama RI.

Website Kemenag memberikan informasi layanan publik mulai dari berita (baik dalam negeri maupun luar negeri) Kementrian Agama, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pendidikan (termasuk informasi beasiswa), Bimbingan Masyarakat (BIMAS), Haji dan Umroh, serta informasi lain yang terkait dengan Kemenag.


Demikian penjelasan singkat mengenai 5 website penting yang perlu kita ketahui. Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu Anda dengan cepat dan tepat sasaran dalam mencari informasi.
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.