Skip to main content
MENU

Daftar KI dan KD IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Kelas 4, 5, dan 6

Berikut adalah daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 kelas 4, 5, dan 6.

Untuk daftar KI dan KI Mapel IPA atau peminatan jurusan IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) jenjang SMP MTs SMA MA bisa mengunjungi halaman PETA SITUS website ini.

Adapun Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Anda dapat mengaksesnya di halaman Daftar KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas).


UPDATE:
KI dan KD IPA Kelas 4
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. 4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar. 4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang sifat-sifat bunyi.
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan
keterkaitannya dengan indera
penglihatan.
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang sifat-sifat cahaya.
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam
bersama orang-orang di
lingkungannya.
Published by Materikelasipa.net


Daftar KI dan KD IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Kelas 4, 5, dan 6
Daftar KI dan KD IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Kelas 4, 5, dan 6


KI dan KD IPA Kelas 5
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan
cara mengamati, menanya
dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan alat gerak dan
fungsinya pada hewan dan manusia
serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat
gerak manusia atau hewan.
3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan
fungsinya pada hewan dan manusia,
serta cara memelihara kesehatan
organ pernapasan manusia.
4.2 Membuat model sederhana organ
pernapasan manusia.
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan
fungsinya pada hewan dan manusia
serta cara memelihara kesehatan
organ pencernaan manusia.
4.3 Menyajikan karya tentang konsep
organ dan fungsi pencernaan pada
hewan atau manusia.
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah
dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara
kesehatan organ peredaran darah
manusia.
4.4 Menyajikan karya tentang organ
peredaran darah pada manusia.
3.5 Menganalisis hubungan antar
komponen ekosistem dan
jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar.
4.5 Membuat karya tentang konsep
jaring-jaring makanan dalam suatu
ekosistem.
3.6 Menerapkan konsep perpindahan
kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan
tentang perpindahan kalor.
3.7 Menganalisis pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan
wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari.
4.7 Melaporkan hasil percobaan
pengaruh kalor pada benda.
3.8 Menganalisis siklus air dan
dampaknya pada peristiwa di bumi
serta kelangsungan mahluk hidup.
4.8 Membuat karya tentang skema
siklus air berdasarkan informasi dari
berbagai sumber.
3.9 Mengelompokkan materi dalam
kehidupan sehari-hari berdasarkan
komponen penyusunnya (zat
tunggal dan campuran).
4.9 Melaporkan hasil pengamatan
sifat-sifat campuran dan komponen
penyusunnya dalam kehidupan
sehari-hari.
Published by Materikelasipa.net


KI dan KD IPA Kelas 6
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Membandingkan cara
perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1 Menyajikan karya tentang
perkembangangbiakan tumbuhan.
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada
laki-laki dan perempuan dengan
kesehatan reproduksi.
4.2 Menyajikan karya tentang cara
menyikapi ciri-ciri pubertas yang
dialami.
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada
laki-laki dan perempuan dengan
kesehatan reproduksi.
4.2 Menyajikan karya tentang cara
menyikapi ciri-ciri pubertas yang
dialami.
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara
makhluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungannya, sebagai hasil
penelusuran berbagai sumber.
3.4 Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan
fungsinya dalam rangkaian listrik
sederhana.
4.4 Melakukan percobaan rangkaian
listrik sederhana secara seri dan
paralel.
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan
tentang sifat-sifat magnet dan
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
3.6 Menjelaskan cara menghasilkan,
menyalurkan, dan menghemat
energi listrik.
4.6 Menyajikan karya tentang berbagai
cara melakukan penghematan energi
dan usulan sumber alternatif energi
listrik.
3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan
karakteristik anggota tata surya.
4.7 Membuat model sistem tata surya.
3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan
revolusi bumi serta terjadinya
gerhana bulan dan gerhana
matahari.
4.8 Membuat model gerhana bulan dan
gerhana matahari.
Published by Materikelasipa.net

Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.