Daftar KI dan KD IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Kelas 4, 5, dan 6
Berikut adalah daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 kelas 4, 5, dan 6.
Untuk daftar KI dan KI Mapel IPA atau peminatan jurusan IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) jenjang SMP MTs SMA MA bisa mengunjungi halaman PETA SITUS website ini.
Adapun Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Anda dapat mengaksesnya di halaman Daftar KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas).
UPDATE:
KI dan KD IPA Kelas 4
KI dan KD IPA Kelas 5
KI dan KD IPA Kelas 6
Untuk daftar KI dan KI Mapel IPA atau peminatan jurusan IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) jenjang SMP MTs SMA MA bisa mengunjungi halaman PETA SITUS website ini.
Adapun Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Anda dapat mengaksesnya di halaman Daftar KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas).
UPDATE:
KI dan KD IPA Kelas 4
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. | 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. |
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. | 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. |
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. | 4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. |
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar. | 4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak. |
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. | 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi. |
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. |
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi. |
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. |
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya. |
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. |
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Published by Materikelasipa.net
|
Daftar KI dan KD IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Kelas 4, 5, dan 6 |
KI dan KD IPA Kelas 5
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. |
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan. |
3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. |
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia. |
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia. |
4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia. |
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia. |
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia. |
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. |
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem. |
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. |
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor. |
3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. |
4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda. |
3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. |
4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber. |
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). |
4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.
Published by Materikelasipa.net
|
KI dan KD IPA Kelas 6
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. |
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan. |
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi. |
4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami. |
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi. |
4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami. |
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber. |
3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana. |
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel. |
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari. |
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik. |
4.6 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik. |
3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. |
4.7 Membuat model sistem tata surya. |
3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. |
4.8 Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari.
Published by Materikelasipa.net
|