Daftar KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas)
Berikut ini daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas). Untuk Kompetensi Inti memuat 4 aspek penilaian, yaitu Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3), dan Keterampilan (KI-4).
Sedangkan untuk Kompetensi Dasar PAUD Kurikulum 2013 dibagi menjadi 4 kelompok dengan penjabaran KD-1 terdapat 2 rumusan KD, KD-2 terdapat 14 rumusan KD, KD-3 terdapat 15 rumusan KD, dan KD-4 terdapat 15 rumusan KD.
Lebih jelasnya mari kita pelajari bersama KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 dalam bentuk tabel brikut :
Sedangkan untuk Kompetensi Dasar PAUD Kurikulum 2013 dibagi menjadi 4 kelompok dengan penjabaran KD-1 terdapat 2 rumusan KD, KD-2 terdapat 14 rumusan KD, KD-3 terdapat 15 rumusan KD, dan KD-4 terdapat 15 rumusan KD.
Lebih jelasnya mari kita pelajari bersama KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 dalam bentuk tabel brikut :
Daftar KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (Kurtilas) |
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya. | 1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya. 1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan. |
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga,guru dan/atau pengasuh, dan teman. |
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat. 2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu. 2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif. 2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis. 2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri. 2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan. 2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan. 2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian. 2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya. 2.10.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain. 2.11.Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri. 2.12.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab. 2.13.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur. 2.14.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman. |
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain. |
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari. 3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia. 3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. 3.4. Mengetahui cara hidup sehat. 3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif. 3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya). 3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi). 3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batubatuan, dll). 3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll). 3.10.Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca). 3.11.Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal). 3.12.Mengenal keaksaraan awal melalui bermain. 3.13.Mengenal emosi diri dan orang lain. 3.14.Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri. 3.15.Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni |
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia. |
4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa. 4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia. 4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus. 4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat. 4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif. 4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya. 4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi). 4.8. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll). 4.9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya. 4.10.Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca). 4.11.Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal). 4.12.Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. 4.13.Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar. 4.14.Mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri dengan cara yang tepat. 4.15.Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media.
Source: Paud.id
Published by Materikelasipa.net
|