Skip to main content
MENU

Apa Saja Manfaat dan Bahaya Perkembangan Biologi?

Ilmu Biologi selama ini sangat banyak memberi manfaat dan sangat membantu kehidupan manusia. Mulai dari bidang kehutanan, pertanian, kesehatan, kedokteran, konservasi, dan bidang disiplin keilmuan lainnya.



Namun, di samping memberi banyak manfaat dan membantu kehidupan manusia, ilmu biologi juga diketahui banyak menimbulkan dampak yang dapat merugikan untuk kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan bahkan alam raya.

Mulai dari bidang kesehatan, pertanian, ekologi sampai bidang lainnya demi pemenuhan kebutuhan ekonomi individual dan pihak -pihak tertentu semata.

Misalnya, dalam pemanfaatan kekayaan alam tanpa kendali, sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem. 

Lebih ironis lagi bahwa dengan pengetahuan ilmu biologi, di Negara - negara maju telah mengadakan senjata biologi berupa mikroorganisme patogen (beracun dan dapat mematikan) dan virus yang dapat menjangkit manusia sampai di seluruh belahan dunia.

Nah, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca penjelasan manfaat dan bahaya perkembangan biologi berikut:


1. Manfaat Perkembangan Biologi

Biologi telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti di bidang pertanian, kehitanan, perkebunan, agrobisnis, social, kedokteran, ekonomi, pangan, kesehatan, farmasi, dan lain sebagainya.

Manfaat dan bahaya perkembangan ilmu biologi
Manfaat dan bahaya perkembangan ilmu biologi



Beberapa manfaat dari perkembangan biologi antara lain sebagai berikut:
a. Bidang Kehutanan
- Dapat meningkatkan daya guna hutan.
- Penelitian di bidang agroforestri maupun konservasi.

b. Bidang Pertanian
- Dapat menemukan bibit unggul yang tahan terhadap hama, cepat panen dengan produkstivitas yang tinggi, sehingga kebutuhan manusia akan dapat terpenuhi.

c. Bidang Gizi
- Menemukan jenis-jenis makanan yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh.

d. Bidang Farmasi
- Dapat menemukan penyebab penyakit dan berbagai macam obat, vaksin maupun antibakteri.

e. Bidang Konservasi
- Mengkaji dan melestarikan proses kehidupan lingkungan untuk kelestarian kehidupan.

f. Bidang Kedokteran dan Bioteknologi
- Penemuan transplantasi gen dan organ, teknik bayi tabung, pewarisan sifat dan memiliki harapan untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan kehidupan.



2. Bahaya Perkembangan Biologi

Selain itu, perkembangan biologi juga dapat menimbulkan bahaya maupun kerugian yang sangat besar bagi kehidupan.

Melalui pengetahuan biologi yang didukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat mengeksploitasi kekayaan alam tanpa batas, sehingga keseimbangan alam akan terganggu.

Berbagai alasan dilakukan manusia untuk meningkatan harkat dan martabatnya termasuk di bidang biologi, terutama di bidang pertanian.

Maka, untuk mendapatkan hasil yang bernilai ekonomi tinggi, para petani menerapkan sistem pertanian monokultur (penggunakan satu jenis tanaman saja).

Selain itu, penggunaan pestisida yang berlebihan mengakibatkan penurunan keanekaragaman hayati yang ada.

Contoh lain yang sangat mengancam kehidupan manusia akibat bahaya dari perkembangannya adalah senjata biologi.

Senjata biologi merupakan mikroorganisme mematikan yang sengaja dibiakkan di laboratorium untuk tujuan tertentu.

Biasanya, senjata biologi yang mematikan tersebut adalah berupa virus, jamur maupun bakteri yang bersifat pathogen yang membawa bibit penyakit dan mudah untuk disebarkan.

Berbagai bencana yang terjadi di sebagian besar belahan dunia, bukan lain adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.

Alam diciptakan Tuhan sebenarnya sudah dalam keadaan seimbang, dalam istilah Ekologi disebut dengan steady state.

Akibat dari perbuatan manusia yang berusaha ingin membuka tabir keingintahuan yang tidak berdasarkan pada aturan Tuhan, sehingga alam menjadi tidak seimbang dan keteraturan semakin tidak dapat kita jumpai.

Sebagai manusia yang bermoral dan berakal, maka perkembangan ilmu biologi yang semakin pesat ini harus dimanfaatkan dengan baik.

Sehingga, diharapkan dari upaya tersebut akan membawa manfaat bagi ummat manusia dan alam semesta itu sendiri. #Materiipa13

Terakhir diperbarui: 12-11-2018
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.