Kisi - kisi USBN IPA SMP/MTs Tahun 2019 Kurikulum 2013 dan KTSP 2006
Berikut adalah kisi - kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat SMP - MTs sederajat Kurikulum 2013 (K-13) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
Admin berharap semoga dengan adanya kisi - kisi USBN IPA SMP-MTs di Tahun 2019 ini dapat membantu para siswa - siswi untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi rangkaian ujian sampai tahap akhir.
Kisi - kisi USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2013
Kisi - kisi USBN IPA BIOLOGI SMP/MTs KTSP 2006
Kisi - kisi USBN IPA KIMIA-FISIKA SMP/MTs KTSP 2006
Admin berharap semoga dengan adanya kisi - kisi USBN IPA SMP-MTs di Tahun 2019 ini dapat membantu para siswa - siswi untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi rangkaian ujian sampai tahap akhir.
Kisi - kisi USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2013
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Mendeskripsikan • Menunjukkan • Memberi contoh |
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Peserta didik mampu memahami konsep tentang: ‑ gejala alam biotik dan abiotik ‑ ciri-ciri makhluk hidup ‑ klasifikasi makhluk hidup ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan ‑ pencemaran lingkungan dan perubahan iklim ‑ bioteknologi ‑ pergerakan/navigasi hewan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik mampu memahami konsep tentang: ‑ sistem organisasi kehidupan ‑ struktur dan fungsi jaringan tumbuhan ‑ sistem gerak pada manusia ‑ sistem pencernaan manusia ‑ sistem peredaran darah ‑ sistem pernapasan ‑ gerak pada tumbuhan ‑ sistem ekskresi ‑ sistem reproduksi manusia ‑ sistem pendengaran ‑ proses penglihatan mata manusia dan mata serangga ‑ gangguan/penyakit pada sistem organ ‑ pewarisan sifat Pengukuran, Zat, dan Sifatnya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ pengukuran ‑ karakteristik zat ‑ zat tunggal dan campuran ‑ sifat dan perubahan zat ‑ zat aditif dan zat adiktif ‑ suhu dan kalor ‑ partikel materi ‑ sifat bahan ‑ sifat larutan Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ gerak lurus dan hukum Newton ‑ usaha, energi, dan perubahan energi ‑ pesawat sederhana ‑ tekanan pada zat ‑ lapisan bumi, gempa bumi, gunung api dan tindakan pengurangan resiko bencana ‑ sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan Gelombang, Listrik, dan Magnet Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ getaran, gelombang, dan bunyi ‑ sifat-sifat cahaya ‑ listrik statis ‑ kemagnetan |
Aplikasi • Menerapkan • Menghubungkan • Membandingkan • Menghitung |
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ klasifikasi makhluk hidup ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan ‑ dampak pencemaran lingkungan/perubahan iklim terhadap ekosistem ‑ peran bioteknologi Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ mekanisme dan fungsi jaringan tumbuhan ‑ mekanisme sistem gerak manusia ‑ percobaan dalam sistem pencernaan ‑ mekanisme peredaran darah ‑ mekanisme sistem pernapasan ‑ mekanisme pendengaran dan sistem sonar ‑ mekanisme sistem saraf ‑ menjaga kesehatan sistem organ ‑ menjaga kestabilan suhu tubuh (manusia & hewan) ‑ mekanisme penglihatan manusia dan mata serangga Pengukuran, Zat, dan Sifatnya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ pengukuran ‑ zat tunggal dan campuran ‑ sifat dan perubahan zat ‑ suhu dan kalor ‑ partikel materi ‑ sifat bahan Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang : ‑ gerak lurus dan hukum Newton ‑ usaha, energi, dan perubahan energi ‑ pesawat sederhana ‑ tekanan pada zat ‑ lapisan bumi, gempa bumi, gunung api dan tindakan pengurangan resiko bencana ‑ sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan Gelombang, Listrik, dan Magnet Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ getaran, gelombang, dan bunyi ‑ cahaya dan alat optik ‑ rangkaian listrik ‑ energi dan daya listrik ‑ kemagnetan, dan induksi elektromagnetik |
Penalaran • Menganalisis • Memecahkan masalah • Menyimpulkan • Memprediksi |
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Peserta didik mampu bernalar tentang: ‑ dampak interaksi makhluk hidup dan lingkungannya ‑ dampak pencemaran dan perubahan iklim terhadap ekosistem ‑ proses dan produk teknologi ramah lingkungan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik mampu bernalar tentang: ‑ percobaan fotosintesis ‑ keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya ‑ keterkaitan antara sistem organ pada manusia dan gangguan yang terjadi ‑ penerapan teknologi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia Pengukuran, Zat, dan Sifatnya Peserta didik mampu bernalar tentang: ‑ suhu dan kalor ‑ zat tunggal dan campuran Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu bernalar tentang: ‑ gerak lurus dan hukum Newton ‑ usaha, energi, dan perubahan energi ‑ pesawat sederhana ‑ sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan Gelombang, Listrik, dan Magnet Peserta didik mampu bernalar tentang: ‑ getaran, gelombang, dan bunyi ‑ cahaya dan alat optik ‑ energi dan daya listrik |
Kisi - kisi USBN IPA BIOLOGI SMP/MTs KTSP 2006
Kisi - kisi USBN IPA SMP/MTs Tahun 2019 K-13 dan KTSP 2006 |
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan
• Mengidentifikasi
• Mendeskripsikan
• Menunjukkan
• Memberi contoh
|
Makhluk hidup dan lingkungannya Siswa mampu memahami dan menguasai konsep: ‑ gejala alam biotik dan abiotik ‑ ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup ‑ keragaman pada sistem organisasi kehidupan ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan ‑ pencemaran lingkungan ‑ pelestarian ekosistem Struktur dan fungsi makhluk hidup Siswa mampu memahami dan menguasai konsep: ‑ sistem gerak pada manusia ‑ sistem pencernaan manusia ‑ sistem peredaran darah ‑ sistem pernafasan ‑ gerak pada tumbuhan ‑ sistem ekskresi ‑ sistem reproduksi manusia ‑ sistem koordinasi dan alat indera manusia ‑ jaringan tumbuhan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup ‑ pewarisan sifat |
Aplikasi
• Menerapkan
• Menghubungkan
• Membandingkan
• Mengklasifikasi
|
Makhluk hidup dan lingkungannya Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: ‑ klasifikasi makhluk hidup ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu ‑ kepadatan populasi manusia ‑ pencemaran lingkungan ‑ kelangsungan hidup pada makhluk hidup (adaptasi, seleksi, perkembangbiakan) ‑ hama dan penyakit pada tumbuhan Struktur dan fungsi makhluk hidup Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: ‑ mekanisme sistem gerak manusia ‑ mekanisme sistem pencernaan manusia ‑ mekanisme sistem peredaran darah manusia ‑ mekanisme sistem pernapasan manusia ‑ kesehatan sistem organ pada manusia ‑ mekanisme sistem koordinasi ‑ keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan ‑ pewarisan sifat pada makhluk hidup ‑ fotosintesis ‑ penerapan bioteknologi |
Penalaran
• Menganalisis
• Memecahkan masalah
• Menyimpulkan
• Memprediksi
|
Makhluk hidup dan lingkungannya Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: ‑ pengelolaan lingkungan ‑ interaksi makhluk hidup dan lingkungannya ‑ usaha pelestarian ekosistem Struktur dan fungsi makhluk hidup Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: ‑ percobaan fotosintesis ‑ pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup ‑ peran bioteknologi |
Kisi - kisi USBN IPA KIMIA-FISIKA SMP/MTs KTSP 2006
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan dan pemahaman • Mengidentifikasi • Menyebutkan • Menunjukkan • Membedakan • Mengelompokkan |
Pengukuran, Zat dan Sifatnya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ pengukuran ‑ besaran dan satuan ‑ konsep zat dan wujudnya ‑ sifat fisika/kimia ‑ perubahan fisika/kimia ‑ zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika ‑ partikel zat ‑ campuran dan cara pemisahannya ‑ larutan dan sifatnya Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ gerak lurus ‑ gaya ‑ hukum Newton ‑ usaha dan energi ‑ pesawat sederhana ‑ suhu dan kalor ‑ tekanan ‑ sistem tata surya Gelombang, Listrik dan Magnet Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: ‑ getaran dan gelombang ‑ bunyi ‑ cahaya dan optik ‑ listrik statis dan listrik dinamis ‑ kemagnetan |
Aplikasi • Mengklasifikasi • Menginterpretasi • Menghitung • Mendeskripsikan • Mengurutkan • Membandingkan • Menerapkan • Memodifikasi |
Pengukuran, Zat dan Sifatnya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ pengukuran ‑ konsep zat dan wujudnya ‑ sifat fisika/kimia ‑ perubahan fisika/kimia ‑ zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika ‑ partikel zat ‑ campuran dan cara pemisahannya ‑ larutan dan sifatnya Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: ‑ gerak lurus ‑ gaya ‑ hukum Newton ‑ usaha dan energi ‑ pesawat sederhana ‑ suhu dan kalor ‑ tekanan ‑ sistem tata surya Gelombang, Listrik dan Magnet
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
‑ getaran dan gelombang
‑ bunyi
‑ cahaya dan optik
‑ listrik statis dan listrik dinamis
‑ kemagnetan
|
Penalaran • Menemukan • Menyimpulkan • Menggabungkan • Menganalisis • Menyelesaikan masalah • Merumuskan • Memprediksi |
Pengukuran, Zat dan Sifatnya Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: ‑ konsep zat dan wujudnya ‑ sifat fisika/kimia ‑ perubahan fisika/kimia ‑ zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika ‑ partikel zat ‑ campuran dan cara pemisahannya ‑ larutan dan sifatnya Mekanika dan Tata Surya Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: ‑ gerak lurus ‑ hukum Newton ‑ usaha dan energi ‑ pesawat sederhana ‑ tekanan ‑ suhu dan kalor Gelombang, Listrik dan Magnet
Peserta didik mampu
menggunakan nalar berkaitan
dengan:
‑ getaran dan gelombang
‑ bunyi
‑ cahaya dan optik
‑ listrik statis dan listrik dinamis
kemagnetan
|