Skip to main content
MENU

Macam - macam Bakteri Berdasarkan Cara Memperoleh Makanan dan Kebutuhannya Terhadap Oksigen

Bakteri adalah makhluk uniseluler (bersel satu) yang berukuran mikroskopis dan memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari bentuk batang (basil), spiral, bulat (coccus), dan koma.

Nah, pada kesempatan ini kita akan mengenal lebih banyak lagi macam - macam bakteri berdasarkan jenis makanan dan kebutuhan oksigennya.



A. Macam - macam Bakteri Berdasarkan Cara Memperoleh Makanannya

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dibedakan menjadi 3, yaitu: Bakteri Autotrof, Bakteri Heterotrof, dan Bakteri Fotoautotrof.


1). Bakteri Autotrof

Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Berdasarkan asal energi yang digunakan, bakteri autotrof dibedakan menjadi 2, yaitu bakteri yang bersifat Kemoautotrof dan bersifat Fotoautotrof.

Bakteri kemoautotrof merupakan bakteri yang dapat membuat makanannya dengan bantuan energi yang berasal dari reaksi - reaksi kimia. Contoh dari reaksi kimia tersebut adalah proses oksidasi senyawa tertentu.


2). Bakteri Heterotrof

Bakteri heterotrof adalah bakteri yang hidup dan memperoleh makanan dari lingkungannya (organisme lain) karena jenis bakteri ini tidak dapat membuat makanan sendiri. Jenis bakteri ini hidupnya sebagai saprofit dan parasit bagi organisme lain.

Bakteri saprofit adalah bakteri yang hidup pada jasad yang sudah mati, misalnya adalah sampah, bangkai, atau kotoran.

Sedangkan bakteri parasit adalah bakteri yang hidup menopang pada organisme lain. Bakteri jenis ini merugikan inang (organisme yang ditumpangi) karena dapat menyebabkan penyakit.


3). Bakteri Fotoautotrof

Bakteri fotoautotrof adalah bakteri yabg dapat menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan energi dari cahaya matahari.

Bakteri jenis ini banyak mengandung zat hijau hijau daun (klorofil) dalam tubuhnya, sehingga dapat melangsungkan proses fotosintesis sebagaimana tumbuhan hijau.

Macam - macam Bakteri Berdasarkan Cara Mendapatkan Makanan
Macam - macam Bakteri Berdasarkan Cara Mendapatkan Makanan



B. Macam - macam Bakteri Berdasarkan Kebutuhanya Terhadap Oksigen

Berdasarkan kebutuhan terhadap oksigen, bakteri dibedakan menjadi Bakteri Aerob dan Bakteri Anaerob.


1). Bakteri Aerob
Bakteri aerob adalah jenis bakteri yang hidupnya memerlukan oksigen dari udara bebas.


2). Bakteri Anaerob
Bakteri anaerob adalah bakteri yang hidupnya tidak memerlukan oksigen dari udara bebas. Misalnya Bakteri Asam Laktat (BAL), seperti: Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophillus, dll.

Terakhir diperbarui : 01 Nopember 2018
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.