Skip to main content
MENU

KI dan KD IPA SD/MI Masa Pandemi (Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020-2021)

Berikut adalah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran IPA kurikulum 2013 jenjang SD/MI kelas 4, 5, dan 6 Tahun 2020/2021 masa pandemi berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/Kr/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus.



KI - KD IPA SD/MI Kelas 4 Masa Pandemi

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1 Menghubungkan antara bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan tumbuhan. 4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup. 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya.
3.3 Menghubungkan jenis gaya (otot, gravitasi, gesek, listrik, dan magnet) dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar.4.3 Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya (otot, gravitasi, gesek, listrik, dan magnet) dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar.
3.4 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari - hari.4.4 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
3.5 Menerapkan sifat - sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. 4.5 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
3.6 Menerapkan sifat - sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. 4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat - sifat cahaya.
3.7 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. 4.7 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orangorang di lingkungannya.
Published by Materikelasipa.net

KI dan KD IPA SD MI Masa Pandemi (Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020-2021)
KI dan KD IPA SD MI Masa Pandemi
(Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020-2021)


KI - KD IPA SD/MI Kelas 5 Masa Pandemi

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan.
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. 4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia.
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring - jaring makanan di lingkungan sekitar. 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring - jaring makanan dalam suatu ekosistem.
3.6 Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari - hari. 4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari - hari.
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. 4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber.
Published by Materikelasipa.net



KI - KD IPA SD/MI Kelas 6 Masa Pandemi

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda - benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. 4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki - laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi. 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri - ciri pubertas yang dialami.
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
3.4 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari - hari.4.4 Mendemonstrasikan sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari.
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik. 4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.
3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. 4.6 Membuat model sistem tata surya.
3.7 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari, revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. 4.7 Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari.
#ipamasapandemi
Published by Materikelasipa.net

Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.