Skip to main content
MENU

Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Beserta Tujuan Pembelajarannya

Materi IPA kelas 7 lengkap - Berikut ini adalah daftar beberapa bab yang dipelajari dalam mata pelajaran IPA SMP - MTs kelas 7 semester 2 yang disertai dengan tujuan pembelajarannya.



1. Sistem Organisasi Kehidupan

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan, Jaringan pada tumbuhan dan hewan, Organ - organ pada tumbuhan dan hewan, serta Sistem organ dan organisme.

Tujuan pembelajaran dari Sistem organisasi kehidupan yaitu: Mendeskripsikan sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan, Mendeskripsikan keragaman jaringan menurut sel - sel berdasarkan penyusunnya, Mendeskripsikan keragaman organ - organ pada hewan dan tumbuhan, serta mendeskripsikan sistem organ dan organisme.



2. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Pengertian lingkungan, Hal - hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan, Interaksi dalam ekosistem membentuk suatu pola, dan Pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem.

Tujuan pembelajaran dari Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yaitu: Memahami pengertian lingkungan, menganalisis hal - hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan, Menganalisis interaksi antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lain, menganalisis macam - macam simbiosis, dan Menganalisis pola interaksi manusia yang mempengaruhi eksosistem.




Materi IPA kelas 7 semester 2 beserta tujuan pembelajarannya
Materi IPA kelas 7 semester 2 beserta tujuan pembelajarannya

3. Pencemaran Lingkungan

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Definisi pencemaran, Pencemaran Air, Pencemaran Udara, Pencemaran Tanah, dan Pencemaran Suara.

Tujuan pembelajaran dari Pencemaran lingkungan yaitu: Memahami pencemaran lingkungan, Menganalisis terjadinya pencemaran air beserta dampaknya, Menganalisis terjadinya pencemaran udara beserta dampaknya, Menganalisis terjadinya pencemaran tanah beserta dampaknya, dan Menganalisis terjadinya pencemaran suara beserta dampaknya.



4. Pemanasan Global (Global Warming)

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Pengertian pemanasan global, Penyebab pemanasan global, Dampak pemanasan global, dan Usaha - usaha menanggulangi pemanasan global.

Tukuan pembelajaran dari Pemanasan global yaitu: Menganalisis proses terjadinya pemanasan global, Menganalis penyebab terjadinya pemanasan global, Menganalisis dampak terjadinya pemanasan global, dan Mendeskripsikan usaha - usaha untuk menanggulangi pemanasan global.



5. Lapisan Bumi

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Struktur lapisan bumi dan Peristiwa alam seperti gejala - gejala alam Biotik dan Abiotik.

Tujuan pembelajaran dari Lapisan bumi yaitu: Memahami struktur lapisan bumi, Memahami litosfer bumi, Memahami hidrosfer bumi, Memahami atmosfir bumi, serta Memahami peristiwa - peristiwa alam dan cara penanggulangannya.



6. Sistem Tata Surya

Dalam bab ini, kita akan mempelajari tentang: Pengertian sistem tata surya, Matahari sebagai bintang, Bumi sebagai planet, Bulan, serta Gerhana bulan dan gerhana matahari.

Tujuan pembelajaran dari Sistem tata surya yaitu: Menganalisis sistem tata surya, Menganalisis karakteristik anggota tata surya, Menganalisis matahari sebagai bintang, Menganalisis bumi sebagai planet, Memahami dampak rotasi dan revolusi bumi, serta Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan bulan.


Demikian beberapa bab materi IPA kelas 7 semester 2 baik untuk jenjang SMP maupun MTs yang harus dipelajari. 

Selanjutnya, untuk mendapatkan artikel materi yang disertai contoh soal sekaligus pembahasannya, silakan menuju halaman Peta Situs  (daftar isi) di website ini.

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.