Skip to main content
MENU

Contoh Soal Ciri - ciri Makhluk Hidup dan Peranannya dalam Kehidupan Beserta Pembahasannya

Anda yang sedang mencari contoh soal ciri - ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan, maka Admin sajikan dalam bentuk latihan soal dan pembahasannya.


Contoh Soal Ciri - ciri Makhluk Hidup dan Peranannya dalam Kehidupan

1). Virus ini menyerang batang dan akar padi, sehingga tumbuhan padi menjadi kerdil (pertumbuhan yang tidak normal). Virus ini ditularkan melalui serangga, yaitu wereng cokelat dan wereng hijau. Virus yang dimaksud adalah.....
a. CVPD
b. Tungro
c. TMV
d. Orthomyxovirus
e. Rhabdovirus


2). Perhatikan gambar organisme berikut!

Contoh soal ciri - ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan beserta pembahasannya
(Gambar contoh pengelompokan Protozoa) 
Pengelompokan organisme di atas menjadi kelas berbeda adalah berdasarkan pada:
a. Habitatnya
b. Sistem reproduksi
c. Alat geraknya
d. Jenis makanannya
e. Daur hidupnya


3). Bakteri Rhizobium sp. bersimbiosis pada akar tanaman kacang - kacangan. Bakteri ini diketahui menguntungkan dalam bidang pertanlan, sebab...
a. Membunuh hama tanaman
b. Menggemburkan lahan pertanian
c. Menguraikan sampah organik
d. Mengikat nitrogen bebas
e. Mengubah amonia menjadi nitrat


4). Spora seksual pada jamur Basidiomycota adalah....


a. Sporangiospora
b. Basidiospora
c. Konidiospora
d. Zigospora
e. Askospora


5). Salah satu peran Protozoa dalam kehidupan manusia yang digunakan untuk bahan pembuatan gelas, bahan penggosok, dan bahan peledak adalah.....
a. Foraminifera
b. Trypanosoma gambiense
c. Radiolaria
d. Trypanosoma evansi
e. Plasmodium sp.



Jawabanan dan Pembahasan

1). b. Tungro
CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) menyerang jaringan floem tanaman jeruk. Virus tungro menyerang tanaman padi yang menyebabkan padi menjadi kerdil. Sedangkan TVM (Tobacco Mozaic Virus) menyebabkan bercak - bercak kuning pada daun tembakau. Orthomyxovirus menyebabkan penyakit influenza dan Rhabdovirus menyebabkan penyakit rabies pada vertebrata (Anjing atau Kera)


2). c. Alat geraknya
Gambar tersebut adalah kelompok Protozoa (Protista mirip hewan). Berdasarkan alat geraknya,
Protozoa dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
a. Rhizopoda atau Sarcodina, bergerak dengan kaki semu (pseudopodia), misalnya: Amoeba proteus
b. Flagellata atau Mastigophora, bergerak dengan bulu cambuk (fiagel), misalnya: Noctiluca miliaris (penyebab laut tampak bercahaya), Euglena viridis, dan Trichomonas vaginalis (parasit penyebab penyakit menular seksual).
c. Ciliata atau Ciliophora, bergerak dengan rambut getar atau silia, misalnya: Vorticella (bentuk tubuh seperti lonceng)
d. Sporozoa atau Apicomplexa. tidak memiliki alat gerak namun memiliki kemampuan membentuk spora. Contoh: Plasmodium vivax (penyebab penyakit malaria).


3). d. Mengikat nitrogen bebas
Bakteri Rhizobium sp. yang hidup di akar tanaman kacang - kacangan akan dapat mengikat nitrogen bebas di udara. Nitrogen yang diikat bakteri bermanfaat untuk menyuburkan tanah. Sehingga peran bakteri ini sangat menguntungkan bagi para petani yang sebagian besar memanfaatkan tanah sebagai lahan pertanian.


4). b. Basidiospora
Basidiomycotina merupakan kelompok jamur dengan ciri - ciri hifa bersekat, reproduksi seksual dengan basidiospora, reproduksi aseksual dengan konidium, memiliki basiodiokarp, badan buah ada yang berbentuk seperti payung, kuping, atau setengah lingkaran.

Sedangkan Sporangiospora adalah reproduksi aseksual pada Zygomycotina. Konidiospora adalah reproduksi aseksual pada Ascomycotina dan Basidiomycotina. Zigospora adalah reproduksi seksual pada Zygomycotina serta Askospora adalah reproduksi seksual pada Ascomycotina.


5). c. Radiolaria
Peran Protozoa bagi kehidupan manusia yang digunakan untuk bahan pembuatan gelas, bahan penggosok, dan bahan peledak adalah dari filum Radiolaria. Pemanfaatan dari filum Radiolaria adalah pada bagian cangkangnya.

Sedangkan pada Foraminifera cangkangnya dapat menunjukkan sumber minyak, Trypanosoma gambiense menyebabkan penyakit tidur pada manusia, dan Trypanosoma evansi mengakibatkan penyakit sura pada hewan ternak. © Materikelasipa.net
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.