Skip to main content
MENU

Pembahasan Materi Massa Jenis Suatu Benda Beserta Contoh Soal

Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah mengkaji tentang Pembahasan Materi Wujud Zat, Perubahan Wujud Zat dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari, maka pada kesempatan ini kita akan membahas materi tentang Massa Jenis Suatu Benda.


Massa jenis (Rho) adalah massa benda tiap satuan volume. Karena massa adalah jumlah materi yang dikandung suatu zat, maka massa jenis dapat diartikan sebagai tingkat kerapatan materi suatu zat. Artinya, makin rapat susunan zat, makin besar massa jenisnya.

Salah satu contohya adalah karet busa terlihat berlubang-lubang walaupun sangat halus, sedangkan kayu tidak tampak adanya lubang atau pori-pori.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kayu lebih rapat susunan materinya dibandingkan dengan karet busa. Oleh karena itu, massa jenis kayu lebih besar daripada massa jenis karet busa.



Massa jenis benda didefinisikan sebagai hasil bagi antara massa benda dengan volume benda. Jika dinyatakan dalam rumus akan didapat perbandingan seperti berikut:


Massa jenis = Massa / Volume atau ρ = m / v


Satuan Internasional (SI) massa jenis (ρ) adalah kg/m3 dalam MKS dan g/cm3 dalam CGS. Perlu diketahui, bahwa konversi satuan untuk 1g/cm3 setara dengan 1000 kg/m3.

Massa jenis benda sejenis pada suhu yang sama pasti sama nilainya. Oleh karena itu, massa jenis benda merupakan ciri khas suatu benda. Maksudnya adalah denan mengetahui nilai massa jenis dari benda tersebut, maka dapat diketahui apa benda tesebut.


Pembahasan Materi Massa Jenis Suatu Benda
Pembahasan Materi Massa Jenis Suatu Benda
(sumber: images google)

Hal ini disebabkan karena setiap zat memiliki nmassa jenis yang berbeda-beda. 

Dalam pengukuran massa jenis benda digunakan 2 alat, yaitu neraca untuk mengukur massa dan gelas ukur untuk mengukur volume benda atau menggunakan mistar untuk mengukur volume benda yang bentuknya beraturan.

Pemahaman tentang massa jenis sangat penting dalam kehidupan manusia.

Contohnya adalah kerangka pesawat terbang bahan-bahannya harus memenuhi syarat, yaitu logam yang massa jenisnya rendah namun kuat,seperti tintanium dan aluminium. Bahan kapal harus ringan dan tahan karat, seperti plastik yang dicampur serat.

Nah, sekarang kita sudah memahami tentang konsep massa jenis suatu benda. Berikut adalah beberapa latihan soal terkait dengan pembahasan materi massa jenis yang kemungkinan besar ada di Ujian Nasional (UN).



Contoh Soal:

#1# Sebuah batu bermassa 294 gram dimasukkan ke dalam gelas ukur berisi air yang mula-mula air dalam gelas ukur tersebut menunjukkan volume 30 mL. Setelah batu dimasukkan volume air bertambah menjadi 65 mL. Hitunglah berapa massa jenis batu tersebut ?

#2# Hasil pengukuran massa dan volume dari 3 jenis benda disajikan dalam tabel berikut:
No
Jenis Benda
Massa Benda (gram)
Volume Benda (cm3)
1
Benda A
200
50
2
Benda B
15
15
3
Benda C
80
100

Jika benda-benda tersebut dimasukkan ke dalam air yang massa jenisnya 1.000 kg/m3 , maka posisi masing-masing benda tersebut yang tepat adalah:
a. A mengapung, B melayang, dan C tenggelam
b. C mengapung, B melayang, dan A tenggelam
c. A mengapung, C melayang, dan B tenggelam
d. B mengapung, C melayang, dan A tenggelam
(Soal simulasi UNBK SMP/MTs 2018 tahap 2)



Penyelesaian:
#No 1#
Diketahui : m = 294 gram, v = 65-30 = 35 mL
Ditanya : Massa jenis (ρ) = ... gram/cm3 
Jawab :
Massa jenis (ρ) = m / v
Massa jenis (ρ) = 294 gram / 30 mL
Massa jenis (ρ) = 8,4 gram/cm3 
Jadi massa jenis benda tersebut sebensar 8,4 gram/cm3 


#No 2#
Diketahui : m A = 200 gram, m B = 15 gram, m C = 80 gram, v A = 50 mL, v B = 15 mL,
dan v C = 100 mL
Ditanya : Massa jenis (ρ) A, B, dan C = ... gram/cm3 serta posisi benda dalam air ?
Jawab :
Massa jenis (ρ) A = m / v
Massa jenis (ρ) A = 200 gram / 50 mL
Massa jenis (ρ) A = 4 gram/cm3 
Karena massa jenis benda A lebih besar dari massa jenis air, maka posisi benda A adalah tenggelam.

Massa jenis (ρ) B = m / v
Massa jenis (ρ) B = 15 gram / 15 mL
Massa jenis (ρ) B = 1 gram/cm3 
Karena massa jenis benda B sama dengan massa jenis air, maka posisi benda B adalah melayang.

Massa jenis (ρ) C = m / v
Massa jenis (ρ) C = 80 gram / 100 mL
Massa jenis (ρ) C = 0,8 gram/cm3 
Karena massa jenis benda C lebih kecil dari massa jenis air, maka posisi benda C adalah mengapung.

Jadi posisi benda masing - masing setelah dimasukkan ke dalam air tersebut yang tepat adalah A tenggelam, B melayang, dan C mengapung (B)

Sekian pembahasan materi tentang Massa Jenis Suatu Benda Beserta Contoh Soalnya. Semoga paham dan lancar mengerjakan soal - soal semacam ini.

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
Pesan Admin: Jika konten dalam website ini bermanfaat, silakan Anda bagikan melalui tombol share media sosial yang telah tersedia di bagian akhir setiap artikel. Terima kasih, semoga berkah. Aaamiin.